7 TUGAS, SEJARAH DAN LAYANAN BMKG


Pratama SEO : 7 TUGAS, SEJARAH DAN LAYANAN BMKG BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA

Tugas sejarah dan Layanan BMKG terhadap masyarakat

Pratamailman.blogspot.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (disingkat MKG), sebelumnya bernama Badan Meteorologi dan Geotisika (disingkat BMG) yakni lembaga pemerintah nondepartemen Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan Geofisika.

1. Sejarah BMKG

Sejarah pengamatan meteorologi dan geofisika di Indonesia dimulai pada tahun 1841 diawali dengan pengamatan yang dilakukan secara perorangan oleh Dr. Onnen, Kepala Rumah Sakit di Bogor. Tahun demi tahun, kegiatannya berkembang seiring dengan semakin diperlukannya data hasil pengamatan cuaca dan geofisika.

Pada tahun 1866, kegiatan pengamatan perorangan tersebut oleh Pemerintah Hindia Belanda diresmikan menjadi instansi pemerintah dengan nama Magnetisch en Meteorologisch Observatorium (Observatorium Magnetik dan Meteorologi) yang dipimpin oleh Dr. Bergsma. Dalam sejarah perkembangannya, BMKG mengalami beberapa pergantian nama. Pada tahun 1942-1945 nama instansi meteorologi dan geotisika diganti menjadi Kisho Kauso Kusho (masa pendudukan Jepang). 

S merdeka, kemudian instansip ini dipecah menjadi dua, yaitu Biro Meteorologi yang berada di lingkungan Markas Tertinggi Tentara Rakyat Indonesia dan Jawatan Meteorologi dan Geofisika, di bawah Kementerian pekerjaan Umum dan Tenaga. Hingga akhirnya pada tahun 1950 Indonesia secara resmi masuk sebagai anggota Organisasi Meteorologi Dunia.



Jawatan Meteorologi dan Geofisika diubah namanya menjadi Lembaga Meteorologi dan Geofisika Dada tahun 1955. Instansi ini berada di bawah Departemen Pertahanan. Tetapi pada tahun 1960 namanya dikembalikan menjadi Jawatan Meteorologi dan Geofisika yang berada di bawah Departemen Perhubungan Udara.

Tahun 1965, namanya diubah menjadi Direktorat Meteorologi dan Geofisika dan tahun 1972 menjadi Pusat Meteorologi dan Geofisika dan berada di bawah Departemen Perhubungan. Tahun 1980 namanya digan- tikan dengan nama Badan Meteorologi dan Geofisika. Melalui Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2008, Badan Meteorologi dan Geofisika berganti nama menjadiBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan status tetap sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen.

 2. Kedudukan dan Tugas

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Organisasi Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah II ditetapkan dengan Keputusan Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Nomor: KEP 005 Tahun 2004 tanggal 5 Oktober 2004. Kedudukan Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah II adalah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Badan Meteorologi dan Geofisika yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika. 

Balai Besar Meteorologi dan Geofisika mempunyai tugas melaksanakan pengamatan, pengumpulan dan penyebaran data, pengolahan, dan prakiraan serta riset dan kerja sama, kalibrasi dan pelayanan meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika. Dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, BalaiBesar Meteorologi dan Geofisika Wilayah II secara administratif dibina oleh Sekretariat Utama dan secara teknis operasional dibina oleh masing-masing deputi sesuai dengan bidang tugasnya.

Susunan Organisasi Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah II Ciputat terdiri atas Bagian Tata Usaha, Bidang Observasi, Bidang Data dan Informasi dan Kelompok Jabatan Fungsional. Dalam melaksanakan tugas teknis operasional sehari-hari, Balai Besar Meteorologi dan Geofisika Wilayah II yang meliputi 11 provinsi dan sebagai koordinator stasiun di Provinsi Banten.

3. Layanan terhadap Masyarakat 

a. Mengamati dan memahami fenomena meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika, artinya BMKG melaksanakan operasional pengamatan dan pengumpulan data secara teratur, lengkap, dan akurat guna dipakai untuk mengenali dan memahami karakteristik unsur-unsur meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika guna membuat prakiraan dan informasi yang akurat kepada masyarakat.

b. Menyediakan data, informasi, dan jasa meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka dengan tingkat akurasi tinggi dan tepat waktu.

c. Mengoordinasi dan memfasilitasi kegiatan sesuai dengan kewenangan BMKG, maka BMKG wajib mengawasi pelaksanaan operasional1, memberi pedoman teknis, serta berwenang untuk mengalibrasi peralatan meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika sesuai dengan peraturan yang berlaku..

d. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan internasional, artinya BMKG dalam melaksanakan kegiatan Secara operasional selalu mengacu pada ketentuan nternasional mengingat bahwa tenomena neteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan 8eofisika tidak terbatas dan tidak terkait pada batas- batas wilayah suatu negara mana pun.

4. Kegiatan Umum

a. Koordinasi pengamatan, pengumpulan dan penye baran data, pengolahan, analisis dan prakiraan serta riset dan kerja sama di bidang meteorologi klimatologi, kualitas udara, dan geofisika. 

b. Penyusunan rencana dan program kegiatan Balai Besar. 

c. Pelaksanaan riset dan kerja sama, serta pengamatan di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika. 

d. Pengumpulan, pengolahan, analisis dan prakiraan wilayah, serta penyebaran data dan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika. 

e. Pemasangan, perawatan, kalibrası, dan perbaikan peralatan meteorologi, klimatolog! kualitas udara, dan geofisika, serta komunikast stasiun-stasiun di wilayahnya.

f. Evaluasi dan penyusunan laporan kegiatan Balai Pelaksanaan urusan administrasi dan kerumah- tanggaan Balai.

g. Pelaksanaan tugas dan kegiatan umum tersebut  diimplementasikan melalui penyediaan jasa guna mendukung keselamatan penerbangan dan pelayaran, penanggulangan bencana alam, pengendalian pencemaran udara, pembangunan pertanian dan pengadaan pangan, dan lain-lain.

Baca dan kunjungi juga : www.developers.tukubu.com

Muhammad Ilman

Haloo... Saya Suka dengan pemrograman web

Silahkan berkomentar disini dengan sopan !!!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post