10 Tokoh Inspiratif Pengubah Dunia - Pratama SEO

10 Tokoh Inspiratif Pengubah Dunia



1. Nabi Muhammad Saw
Pratama SEO -- Muhammad bin Abdullah atau yang lebih dikenal dengan Nabi Muhammad Saw adalah seorang tokoh pembawa ajaran Islam, dan diyakini oleh umat Islam sebagai Nabi/ Rasul Terakhir. Menurut biografi tradisional muslimnya ( dalam bahasa Arab disebut
sirah ), beliau lahir diperkirakan pada tanggal 20 April 570 Masehi , tetapi ada versi lain yang menyebut Rasulullah lahir pada 21 April 571 Masehi ( Hari Senin, 12 Rabiul awal tahun Gajah ). Beliau lahir di kota Mekah Al-Mukarramah, dan wapat pada usia 64 tahun yaitu pada tanggal 8 Juni 632 M di Madinah. Kedua kota tersebut terletak di daerah Hezaj ( Arab Saudi Sekarang ). 

Michael H. Hart, dalam bukunya yang berjudul ( The 100 ), Menetapkan bahwa nabi Muhammad Saw adalah tokoh yang paling berpengaruh sepanjang sejarah manusia. Dalam Bukunya Hart berpendapat bahwa Rasulullah adalah satu-satunya orang yang berhasil meraih keberhasilan luar biasa baik dalam hal Agama maupun Dunia. Beliau Memimpin bangsa yang awalnya terpecah belah dan jauh dari jalan yang benar, Menjadi bangsa maju dan. Bahkan mampu mengalahkan pasukan Romawi di Medan pertempuran. 


Masya Allah sungguh luar biasa …


2. Nabi Isa as
Pratama SEO -- Nabi Isa adalah nabi yang penting dalam agama Islam dan merupakan salah satu dari ulul Azmi. Dalam Al-Qur'an, ia disebut sebagai Isa bin Maryam. Ia diangkat menjadi rasul pada tahun 29 Masehi dan ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil di Palestina. 

Nama Beliau disebut sebanyak 25 kali di dalam Al-Qur'an. Ia mendapat gelar dari Allah SWT dengan sebutan Ruh Allah. Cerita tentang nabi Isa kemudian berlanjut dengan pengangkatannya sebagai utusan Allah SWT. Penolakan Bani Israil terhadap dakwah nabi Isa berakhir dengan pengangkatannya ke surga

3. Sidharta Gautama Buddha
Pratama SEO -- Gautama Buddha dilahirkan dilahirkan dengan nama Siddharta Gautama yang dalam bahasa sansekerta berarti “keturunan Gaotama yang tujuannya tercapai” , dia kemudian menjadi sang Buddha secara harfiah berarti “orang yang telah mencapai Penerangan Sempurna”. Dia juga dikenal sebagai Shakyamuni yaitu orang bijak dari kaum sakya dan sebagai sang Tathagata. Siddharta Gautama adalah guru spiritual dari wilayah timur laut India yang juga merupakan pendiri Agama Buddha. 

Ia secara mendasar dianggap oleh pemeluk agama Buddha sebagai Buddha Agung sammasambuddha di masa sekarang. Waktu Kelahiran dan Kematiannya tidak pasti sebagian sejarawan abad 20 memerkirakan antara tahun 536 SM Sampai 483 SM, baru-baru ini ada suatu simposium para ahli akan masalah ini, sebagian besar ilmuan yang beranggapan bahwa Gautama Buddha Meninggal pada tahun 400 SM. 

4. Confucius 


Pratama SEO -- Confucius atau Kong hu Chu, lahir pada 551 SM dan meninggal pada 479 SM. Adalah seorang guru atau orang bijak yang terkenal dan juga filsuf sosial Tiongkok. Filsafahnya mementingkan moralitas pribadi dan pemerintahan, dan menjadi populer karena asasnya yang kuat pada sifat-sifat tradisional Tionghoa. 

Pengaruh Kong hu Chu terhadap peradaban Tiongkok tidak boleh dianggap enteng, ajarannya telah meluas ke Jepang, Korea dan Vietnam bahkan kini telah sampai ke tanah air, khususnya melalui Konfusianisme, doktrin yang dikembangkan murid-muridnya. 

Buku Analek adalah sebuah karya singkat yang berisi diskusi dan pembicaraan dengan murid-muridnya. Buku ini disusun setelah Confucius meninggal, Analek berisi tentang inti dari ajaran - ajarannya. 

5. Sir Isaac Newton


Pratama SEO -- Sir Isaac Newton lahir di Woolsthorpe - by - Colsterworth, Lincolnshire, pada 4 Januari 1643 meningga dunial pada 31 Maret 1727 pada umur 84 tahun, adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli Astronomi, Alkimiawan, teolog, dan Filsuf Alam yang berasal dari Inggris. 

Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahan disebut sebagai bapak ilmu fisika klasik, karya bukunya yang berjudul “Philoshophiae Naturalis Principia Mathematica” yang terbit pada tahun 1687 dianggap sebagai buku paling berpengaruh sebagai sejarah sains. 

Buku ini merupakan dasar-dasar mekanika klasik. Dalam karyanya ini, Newton menjabarkan hukum gravitasi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Newton berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda-benda luar angkasa lainnya diatur oleh sekumpulan hukum-hukum alam yang sama. Ia berhasil membuktikannya dengan menunjukkan konsistensinya antara hukum gerak Kepler dengan teori gravitasinya. Karyanya ini akhirnya menyirnakan keraguan para ilmuwan akan heliosentrisme dan memajukan revolusi ilmiah. 

6. Albert Einstein 


Pratama SEO -- Albert Einstein lahir pada  14 Maret 1878 - Meninggal 18 April 1955 pada usia 76 tahun adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar pada abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang perkembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi penghargaan Nobel dalam fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan pengabdiannya bagi Fisika Teoretis. 

Setelah teori relativitas umum dirumuskan, Enstein Menjadi terkenal ke seluruh penjuru dunia, pencapaian tidak biasa bagi para ilmuwan. Di masa tuanya, keterkenalannya melampaui semua ilmuwan dalam sejarah, dan dalam budaya populer, kata Enstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan jenius. Wajahnya merupakan salah satu yang paling dikenal di seluruh dunia. 

7. Ts’ai Lun
Pratama SEO -- Ts’ai Lun adalah seorang penemu kertas berkebangsaan Tionghoa yang hidup di zaman dinasti Han, Abad 1 sampai 2 Masehi. Lahir di Gulyang ( sekarang provinsi Hunan ), ia bernama lengkap Cai Jingzhong. 

Ia membuat kertas dari kulit kayu murbei. Bagian dalamnya direndam di air dan dipukul - pukul sehingga seratnya lepas. Bersamaan dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan kemudian dijemur hingga kering, sampai jadi kertas walaupun mutunya tidak sebaik sekarang. 

Tak banyak catatan mengenai Ts’ai Lun, selain ada yang menyebutnya orang Kasim. Ia adalah seorang pegawai negara dan pengadilan kekaisaran pada masa itu. Pada tahun 105 Masehi ia mempersembahkan contoh kertas pada kaisar Han. Catatan tentang penemuan kertas ini tertulis pada sejarah dinasti Han. 

8. Johannes Qutenberg
Pratama SEO -- Johannes Qutenberg yang bernama lengkap Johannes Gensfleisch Zur Laden Zum Qutenberg lahir di Jerman pada tahun 1396 dan meninggal pada 3 Februari 1466 adalah seorang pandai logam dan seorang pencipta yang memperoleh ketenaran berkat sumbangannya bagi teknologi percetakan pada tahun 1450-an, termasuk Aloy logam ( type Metal ) dan tinta berbasis minyak, cetakan untuk mencetak huruf dengan tepat, dan sejenis mesin cetak batu yang berdasarkan pencetak yang digunakan dalam membuat anggur.

 Tradisi menamainya sebagai pencipta movable type di Eropa, suatu perbaikan sistem pencetakan blok yang sudah digunakan diwilayah tersebut. Dengan mengombinasikan unsur-unsur ini dalam suatu sistem produksi, ia memungkinkan terjadinya pencetakan materi tertulis secara cepat dan tepat. 

9. Karl Marx
Pratama SEO -- Karl Marx dilahirkan pada tahun 1818 dikota Trier, Jerman. Ia adalah seorang pelopor utama gagasan sosialisme ilmiah. Ayahnya seorang ahli hukum. Pada umur 17 tahun Mark masuk Universitas Bonn, mengambil jurusan hukum. Kemudian pindah ke Universitas Berlin dan mendapat gelar doktor, dalam ilmu filsafat dari Universitas Jena.

Marx justru pindah profesi menjadi redaktur Rheinische Zeitung di Cologne. Namun karena sikap politiknya yang radikal, membawanya pada kesulitan, akhirnya ia pindah ke Paris. Di Paris ia bertemu dengan Freidrich Engels, karena kesamaan pandangan politik mengikat dia menjadi rekan sejawat yang dwitunggal sampai akhir hayatnya. 

Marx dari Paris pindah ke Brussel dan disana menerbitkan bukunya yang berjudul The Poverty of Philosophy ( Kemiskinan Filsafah ). Tahun berikutnya bersama Freidrich Engels menerbitkan Cummunist Manifesto, yang memungkinkan buku ini jadi bacaan dunia. 

Tahun 1867 Marx menerbitkan karya ilmiah Das Kapital, jilid pertama. Tetapi jilid selanjutnya belum sempat diterbitkan Karena Marx meninggal dunia pada tahun 1883. Freidrich Engels lah yang kemudian melanjutkan karyanya sampai menerbitkan jilid 2 dan 3, dengan berdasarkan catatan Marx. Ternyata dari buah pikirannya baik itu Communist Manifesto, maupun Das Kapital, berhasil menghimpun dan melahirkan jutaan orang dalam satu paham perjuangan hidup yaitu komunisme Internasional. 

Dengan pelopor Lenin dan Stalin yang mempraktekkan teori politik ideologi dalam kenegaraan. Uni Sovyet dan Republik Rakyat China, serta beberapa negara pengikut seperti Kuba, Bulgaria, Vietnam, Korea Utara, dan masih banyak lagi. Meski dengan gerakan prestorika dan glasnost, kekuasaan Uni Soviet runtuh, dan muncul era baru. Namun harus diakui bahwa paham Komunisme paling tidak merupakan satu kekuatan blok dunia. Dan kekuatan tersebut bersumber dari pengalaman dan buah pikiran Karl Marx. 

10. Christopher Columbus
Pratama SEO -- Christopher Columbus adalah seorang pedagang dan penjelajah yang lahir pada 30 Oktober 1451 dan meninggal pada  usia 54 tahun. Ia berhasil menyebrangi samudera Atlantik dan sampai di Benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492 dibawah bendera Castilian Spanyol. Ia percaya dan mengklaim bahwa Bumi berbentuk bola kecil, dan beranggapan bahwa kapal dapat sampai ke Timur Jauh melalui Jalur Barat. 

Namun baru-baru ini diketahui bahwa sebenarnya Columbus bukanlah orang yang pertama sampai ke Benua Amerika yang pada saat itu sudah diduduki, ia juga bukan orang Eropa pertama yang datang ke sana, Dewasa ini telah diakui secara menyeluruh bahwasanya Orang-orang Viking dari Eropa Utara telah berkunjung ke Amerika Utara pada abad ke-11 dan mendirikan sebuah koloni bernama “L’Anse aux Meadows” walaupun dalam jangka waktu singkat. Juga diperkirakan bahwa pelayar tidak dikenal pernah melewati dan singgah di Benua Amerika. 

Pada saat inti Christopher Columbus mengira bahwa pulau tersebut masih perawan dan belum berpenghuni, sehingga ia membawa berita tersebut kespanyol dengan tujuan meraih kejayaan, namun pada saat mereka datang ternyata telah terdapat penduduk asli Amerika yaitu Suku Indian. Yang menjadi icon benua Amerika karena suku Indian sering melumuri badannya dengan cat merah sehingga Benua Amerika disebut sebagai Benua Merah. 

Awalnya, Columbus disambut baik oleh suku Indian namun seiring berjalannya waktu akhirnya niat cristopher colombus melakukan inflasi sebagai perluasan daerah Spanyol dengan tujuan meraih kejayaan terbongkar. Dengan begitu, banyak dari armada kapal milik rombongan cristopher colombus yang ditenggelamkan karena suku Indian merasa terganggu dengan tujuan Colombus. 

Sekian Beberapa insan manusia yang mampu mengubah dunia yang dapat dijadikan contoh bagi kita semua.
📨 Pratama SEO -- sampai jumpa lagi di post selanjutnya ...

Muhammad Ilman

Haloo... Saya Suka dengan pemrograman web

2 Comments

Silahkan berkomentar disini dengan sopan !!!

Post a Comment
Previous Post Next Post