5 Tempat Wisata bersejarah di Benua Asia - Pratama SEO


Pratama SEO — Benua Asia ? Siapa yang tak kenal benua Asia yang dijuluki sebagai benua kuning, benua tersebut terletak pada 26° BT - 170° BT dan 11°LS - 90° LU yang hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi Utara (BBU). Asia merupakan benua terbesar di dunia. Letaknya di antara Samudra Arktik, Pasifik, dan Hindia. Kontur wilayah dibenua Asia bermacam jenisnya dapat berupa daratan es, hutan-hutan, Padang rumput, gurun, pegunungan, sungai, lahan pertanian, dan lautan. Tak kalah pentingnya yaitu benua ini memiliki ragam Budaya, Bahasa, Agama, Suku bangsa, Adat istiadat, Cara hidup dan lain sebagainya.

Banyak tempat-tempat wisata bersejarah maupun Religi yang menarik untuk di kunjungi salah satunya seperti Candi Borobudur dan masih banyak lagi tempat wisata yang akan dibahas dalam post kali ini. 

1. Candi Borobudur

Gambar 01: Candi Borobudur

Pratama SEO — Siapa yang tidak mengetahui Candi Borobudur, Candi ini terletak di wilayah Magelang, Jawa Tengah dan termasuk dalam kategori warisan dunia atau World Wonder Heritages 

Menurut Keterangan yang diperoleh dari Prasasti Kayumwungan Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaturangga, salah satu Raja Dari kerajaan Mataram Kuno,Dan Selesai dibangun pada tanggal 26 Mei 824, namun pembangunannya diselesaikan pada masa pemerintahan putrinya yaitu, Ratu Pramurwadhani. Tujuan dari dibangunnya candi Borobudur adalah sebagai tempat ibadah.

Nama Borobudur sendiri di ambil dari kata (budhara) yang berarti sebuah gunung yang berteras-teras, candi Borobudur mempunyai struktur punden berundak, yang terdiri atas enam tingkatan dengan bentuk bujur sangkar. Tiga tingkat berbentuk bundar melingkar dan puncaknya adalah stupa besar, pada dindingnya terdapat relief-relief yang menggambarkan Carita masa lampau.

Akan tetapi, pertengahan abad IX kekuasaan Syailendra lenyap dan Runtuhnya Kerajaan Mataram. Pusat Kekuasaan dipindahkan ke Jawa Timur, Dengan demikian Borobudur mulai dilupakan orang membuat bangunannya yang kokoh tertutup pepohonan yang rimbun.

Hingga Akhirnya ditemukan kembali pada Abad XIX Oleh Raffles, seorang jenderal Inggris di Indonesia, ia memerintahkan untuk melakukan penyelidikan dan perbaikan candi Borobudur. 

Pada tahun 1983 pemerintahan Indonesia melakukan pemugaran terhadap candi tersebut, Bantuanpun didatangkan melalui lembaga internasional UNESCO.

2. Ka’bah di Mekah

Gambar 02 : Kak'bah

Pratama SEO — Mekah? Mekah adalah sebuah kota di Arab Saudi, letaknya kira kira 330Meter diatas permukaan laut. Kota ini berlokasi lembah kering yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang tandus. Kota penuh Rahmat dan Karunia ilahi Rabbi yang menyimpan jutaan misteri dan sejarah Islam, dikota ini juga terdapat sebuah bangunan yang amat suci, setiap umat Islam dari berbagai penjuru dunia datang untuk melakukan ibadah haji, bangunan ini juga sebagai kiblat umat Islam

🏷️ Baca Juga : Pengertian dan Historis Indonesia Sebagai Poros Maritim dunia

Bangunan ini disebut dengan Kakbah didalamnya terdapat sebuah batu berwarna hitam suci yang konon jatuh dari langit, wawlohua'lam Bissauwab. Mekah juga memiliki julukan Al-Mukarramah artinya Yang Paling Mulia / Termulia

3. Tembok Raksasa China

Gambar 03 : Tembok Raksasa China

Pratama SEO — Seekor naga meliuk-liuk di atas pegunungan jika dilihat dari udara bentuknya yang besar dan panjang bahkan dapat dilihat dari bulan. Tidak Percaya? Datang langsung ke China jangan kebulatan yah 🤣🤣🤣.

Kamu Akan disambut pemandangan naga ini. Akan tetapi jangan beranggapan bahwa ini adalah naga yang sebenarnya. Kenampakan ini hanyalah sebuah Tembok Raksasa yang memiliki panjang sekitar 6750 km yang membentang dari timur ke barat China. Tingginya sekitar 8 meter, lebar bagian atas 5 meter dan lebar bagian bawah 8 meter Tidaklah mengherankan jika namanya Tembok Raksasa China.

Tembok ini dibuat selama berabad-abad l, bahkan hingga lima dinasti. Wajar saja jika dalam proses pembangunannya banyak orang-orang yang meninggal. Pembangunan Tembok ini bertujuan untuk melindungi negara dan rakyat dari serangan musuh. Bahan yang digunakan untuk membangun tembok ini berasal dari batu, tanah, dan batu bata. Bagian atas bangunan cukup lebar sehingga bisa digunakan untuk berjalan pasukan berkuda. 

Setiap 180-270 m dibangun menara pengintai. Tingginya berkisar antara 11-12 m. Lebih dari 2.000 tahun bangunan ini masih berdiri kokoh. 

Menurut sejarahnya, pembangunan di mulai pada masa Dinasti Qin Shi-huang. Masa itu adalah masa-masa perang sehingga tembok ini merupakan simbol perlindungan.  

Namun, Tembok yang sekarang kita lihat ini merupakan hasil pembangunan Dinasti Ming. Dan termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia 

Menakjubkan !!!

4. Taj Mahal

Gambar 04 : Taj Mahal India

Pratama SEO — Bentuknya mirip masjid yang sebenarnya adalah sebuah makam istri seorang kaisar. Tah Mahal adalah contoh karya Arsitektur muslim India. Bangunan tersebut merupakan simbol cinta dan hasrat seorang kaisar Shan Jahan kepada istrinya yaitu Mumtaz Mahal 

Taj Mahal dibangun pada tahun 1631 - 1648 oleh kaisar Mogul ke-lima. Makam ini dibangun untuk mengenang istri tercintanya, Arjuman Bago Begum atau yang lebih dikenal dengan nama Mumtaz Mahal. Kaisar hanya ingin melaksanakan pesan istrinya itu sebelum meninggal pada usia 39 Tahun ketika melahirkan anak ke-14 pda tahun 1631. Pesannya adalah sebagai berikut “ingin dibuatkan makam yang tidak pernah disaksikan dunia sebelumnya untuk mengenangnya”. Nama Taj Mahal dipilih maha raja sesuai dengan nama istrinya, Mumtaz Mahal, Artinya “Kebanggan Istana” , Sedangkan Taj berarti “mahkota”

Setelah pembangunannya selesai, banyak orang yang mengagumi bangunan tersebut. Bahan saat ini Taj Mahal Termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia yang baru. Para Wisatawan Sangat senang ketika melihat kubahnya yang gemerlap pada saat matahari terbit dan bulan Purnama.

5.Menara Petronas

Gambar 05 : Menara Petronas

Pratama SEO — Beranjak dari India, Mari kita menginjakan kaki ke Malaysia disana ada 2 yang kembar?? Apa yang kembar hahaha ,Okh ternyata menara , mengandung arti atau simbol apa yah? Menara Petronas Menjadi icon Malaysia pada abad XX. 

Menara ini dirancang oleh Caesar Pelli dan pembangunannya memakan waktu selama tiga tahun. Fan memiliki lantai berjumlah 88 lantai dengan desain ciri khas budaya Islam di Malaysia. 

Menara Petronas berdiri menjulang setinggi 452 meter atau 1.483 kaki. Diantara menara tersebut tepatnya yang menghubungkan lantai 41 dan 42 terdapat jembatan (sky bridge) dengan panjang 58 meter dan tinggi 170 meter. Melihat keunikan tidak salah jika banyak turis Domestik atau Mancanegara yang datang ke tempat ini. 

Menara ini dibangun diatas tanah seluas 40 hektare di kawasan segitiga emas Kuala Lumpur. Untuk meletakkan cakar ayamnya 🤣. Tanah digali sedalam 117 Meter, ini artinya setinggi bangunan Lima tingkat. 

Bentuk lantainya berupa dua buah persegi membentuk bintang dengan ujung delapan. Disetiap perpotongan perseginya ditambahkan lingkaran. Beras bangunan ini diperkirakan mencapai 100.000 ton. Meskipun bangunannya menjulang tinggi, menara ini memiliki tingkat keselamatan tinggi. Menara ini akan condong jika diterpa angin kencang. Kecondongannya dapat mencapai 1,5 meter. Ketika angin reda, bangunan ini kembali memperlihatkan eksistensinya, Kokoh, Tegak dan Menjulang tinggi.

Demikian beberapa rangkuman dari tempat wisata yang lumayan terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik.

Terima Kasih dan sampai jumpa di post selanjutnya 📨📨📨

Muhammad Ilman

Haloo... Saya Suka dengan pemrograman web

Silahkan berkomentar disini dengan sopan !!!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post