Pemanfaatan dan Persebaran 15 Barang Tambang Indonesia - Pratama SEO

Pratama SEO -- Berikut ini merupakan jenis barang tambang, beberapa daerah penghasilnya, manfaat, dan penggunaannya menurut Bachrawi Sanusi. Dan Peta persebaran barang tambang :
1. Minyak Bumi
Dimanfaatkan sebagai bahan bakar mesin seperti avtur untuk mesin pesawat terbang, bensin untuk mesin kendaraan bermoto, kerosin untuk lampu minyak, solar untuk kendaraan bermesin diesel, LNG atau Liquid Natural Gas untuk bahan bakar kompor tenaga gas, oli merupakan bahan untuk pelumas mesin, vaselin merupakan salep untuk bahan obat, parafin untuk bahan pembuat lilin, dan aspal untuk bahan pembuat jalan.
Lokasi potensi minyak bumi di antaranya daerah Cepu, Blora dan Cilacap di Jawa
Tengah, Sungai Gerong dan Plaju di Palembang. Dumai dan Sungai Pakning (Riau), Tanjung
Pura dan Langkat (Sumatra Utara), serta Tarakan, Balikpapan dan Kutai (Kalimantan
Timur). 

2. Batubara
Pemanfaatan batubara di antaranya untuk bahan bakar industri dan rumah tangga serta sebagai tenaga penggerak kereta api. Lokasi dengan potensi batubara di antaranya di
Sawahlunto, Bukit Asam dan Muara Enim (Sunatra Selatan), Muara Bungo (Jambi), Banjar (Kalimantan Selatan), serta Semenanjung Cenderawasih (Papua) 


3. Bijih Besi
Pemanfaatan bijih besi, yaitu bahan peralatan rumah tangga, pertanian, dan lainnya.
Lokasi potensi bijih besi di antaranya banyak terdapat di Gunung Tegak (Lampung),
Pulau Sekubu (Kalimantan Selatan), dan Cilacap (Jawa Tengah).

4. Tembaga
Tembaga adalah jenis logam yang berwarma kekuning-kuningan, lunak, dan mudah untuk ditempa. Tembaga digunakan untuk industri peralatan istrik, industn konstnil pesawat terbang, kapal laut, atap. pipa ledeng, dekorasi ruman, mesin - mesin pertanian pengatur suhu nungan, dan lain-lain. Penambangan tembaga banyak terdapat di Cikolotok (Jawa Barat), Tirtomoyo (Jawa Timur), Sangkarapi (Sulawesi Selatan), dan Kompara (Papua).

5. Bauksit
Bauksit digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alumunium. Pemanfaatan bauksit digunakan dalam industri keramik, kimia, dan logam. Indonesia memiliki potensi bauksit yang cukup besar dengan produksi mencapai 1.262.710 ton. Penambangan bauksit terdapat di Pulau Bintan, Pulau Kayang dan Pulau Koyang (Kepulauan Riau), serta Singkawang (Kalimantan Barat). 

6. Emas dan Perak
Emas dan perak merupakan mineral yang digunakan sebagai perhiasan. Berdasarkan data Dirjen Minerba ESDM, produksi emas Indonesia pada tahun 2013 mencapai 39 juta ton. Lokasi penambangan emas dan perak terdapat di Cikotok (Jawa Barat), Meulaboh (Aceh), Logas (Riau), dan Rejang Lebong (Bengkulu).

7. Marmer
Marmer merupakan jenis batuan metamorf atau peralihan yang disebabkan olen suhu dan tekanan dari bumi, yang berasal dari batu gamping atau batu kapur. Marmer digunakan sebagai bahan bangunan rumah atau gedung. Penambangan marmer banyas terdapat di Tulungagung (Jawa Timur). Yogyakarta, Lampung, Makassar, Papua, dan Sumatra Barat.

8. Belerang
Belerang digunakan untuk bahan korek api dan obat penyakit kulit. Banyak terdapat di daerah-datan vulkanik. Penambangan belerang yang terkenal adalah yang dhlakukan di Kawah Ijen (Jawa timur) dan Gunung Patuha (Jawa Barat).

9. Yodium 
Yodium dapat digunakan sebagai obat dan peramu garam dapur beryodium. selain ,you a digt gunakan sebagal bahan baku utama unnuk larutan oDat dalam alkonol,Kesehatan, herbisida, dan industri desintektan. Penambangan yodium dapat ditemukan di Semarang (Jawa tengah) dan Mojokerto (Jawa timur). 

10. Nikel
Nikel adalah bahan paduan logam yang banyak digunakan pada industri logam.
Nikel digunakan sebagai bahan pelapis besi agar tidik mudah berkarat. Nikel ditambang di daerah Soroako, Sulawesi lenggara. Daerah lain yang memiliki potensi nikel adalah Papua dan Maluku.

11. Gas Alam
Gas alam dapat digunakan sebagai bahan bakar kompor gas. Daerah-daerah kaya akan gas alam, yaitu di Aceh, Riau, Kalimantan limur, dan Papua.

12. Mangan 
Mangan dapat dimanfaatkan dalam pembiatyan besi baja, pembuatan baterai kering. Keramik, gelas, dan sebagainya. Mangan ditambang di daerah Tasikmalaya (Jawa Barat), Kliripan (Yogyakarta), dan Martapura (Kalimantan Selatan).

13. Pasir besi
Pasir besi dimanfaatkan pada industri logam besi dan industri semen. Penamobangan pasir besi dapat ditemukan di Cilacap (Jawa Tengah), Lombok, Yogyakarta, Gunung Pegunungan Verbeek (Sulawesi Selatan), dan Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan).

14. Timah
Timah dimanfaatkan sebagai bahan baku logam pelapis, solder, cendera mata, dan lain-lain. Aktivitas penambangan timah terdapat di Sungai Liat (Pulau Bangka), Manggara (Pulau Belitung), Dabo (Pulau Singkep), dan Pulau Kannmun.

15. Aspal
Aspal digunakan sebagai bahan utama untuk membuat jalan. Aspal ditambang di
Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.


Pratama SEO -- Selain barang tambang di atas, masih banyak lagi jenis barang tambang lainnya baik yang telah diketahui jumlah dan lokasinya maupun yang belum diketahui. Untuk itu, kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan dengan diberikannya anugerah sumber daya alam. yang sangat berlimpah. Kalian sebagai generasi penenus bangsa harus tenus belajar dan belajar. Sehingga kelak bisa mengembangkan dan membangun bangsa agar dapat disegani oleh dunia. Namun, kita tidak boleh sombong karena semua itu merupakan titipan dari Tuhan.
Muhammad Ilman

Haloo... Saya Suka dengan pemrograman web

Silahkan berkomentar disini dengan sopan !!!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post