40 Istilah familiar di Internet - Pratama SEO

40 Istilah - istilah familiar yang akan memudahkan kita saat mengakses internet yang sebaiknya dipahami sebelum terjun ke internet agar tidak terjadi kekeliruan dalam penggunaan internet.

1. Web
Web merupakan fasilitas dari internet . Yang terbentuk dari serangkaian kata kata ataupun text Hyper Text Mark-up Language ( HTML ) dan bahasa pemrograman lainnya yang dapat menampilkan data berupa teks, gambar, video, animasi, dan data multimedia lainnya.

2. Situs Web / Website
Pengertiannya hampir sama dengan web tetapi situs web adalah sebuah alamat tertentu di www yang menyediakan informasi tertentu bagi para pengunjungnya. Untuk dapat membuka dan menampilkan situs web diperlukan sebuah Browser. Contoh situs web yang terkenal seperti https://www.yahoo.com. 

3. World Wide Web ( www )
World wide web merupakan kumpulan penyedia layanan web diseluruh dunia yang dapat menyediakan data yang dapat digunakan secara bersama-sama.

4. Halaman web ( web pages )
Halaman web merupakan elemen penyusun sebuah situs web. Diutamakan seperti, dan halaman web merupakan lembaran-lembaran kertas penyusun buku tersebut. ( Merupakan file HTML )

5. Halaman muka ( Homepage )
Homepage adalah halaman pertama dari sebuah web yang merupakan pintu bagi para pengunjung bisa juga diibaratkan sebagai jilid pada sebuah buku. Ketika kita akan membaca hal yang pertama kalian lakukan adalah melihat jilidnya. Begitupun dengan hompage sebagai portal bagi pengunjung.

6. Intranet
Intranet hampir menyerupai internet hanya saja intranet mencakup jaringan yang lebih kecil. Biasanya dirancang untuk kepentingan suatu lembaga seperti disekolah-sekolah yang memerlukan koneksi internet.

7. Browser
Browser adalah program yang digunakan untuk mengakses sebuah web dan berselancar di internet ( menampilkan sebuah File Html ), Misalnya Mozilla Firefox, internet Explorer, Chrome dan lain sebagainya.

8. HTML
HTML merupakan kepanjangan dari Hyper Text Mark-up Language adalah sebuah kode atau bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.

9. Universal Resource Locator ( URL )
merupakan suatu alamat yang mengacu kepada sebuah tempat tertentu di belantara internet. URL pada umumnya dinyatakan dalam karakter yang bisa dipahami oleh manusia, seperti https://www.pratamailman.blogspot.com.

10. Hypertext Transter Protocol (http)
merupakan bagian dari sebuah URL yang mengidentifikasi lokasi web dan digunakan dalam protokol HTML

11. Hub
secara bahasa bermakna pusat, yaitu sebuah piranti yang diperlukan dalam pembuatan jaringan. Hal ini dilakukan agar koneksi ke ISP menjadi efisien dan biayanya rendah. Pada umumnya, satu koneksi digunakan oleh beberapa komputer yang tergabung dalam jaringan secara bersama-sama.

12. Klien
merupakan komputer pengakses internet. Agar klien dapat mengakses intermet diperlukan jasa network provider.

13. Penyedia jasa (server)
merupakan komputer di internet yang berfungsi menyediakan file-file dan layanan kepada klien. Jasa-jasa yang bisa ditawarkan di internet, antara lain web.

14. Modem
modem merupakan piranti yang digunakan oleh sebuah komputer untuk dapat berkomunikasi dengan komputer lain melalui kabel telepon. Cara kerjanya melalui proses modulasi, yakni pengubahan sinyal elektronik menjadi sinyal audio/suara untuk kemudian ditransfer melalui telepon.
Jika sudah sampai ke komputer penerima, sinyal audio tersebut mengalami demodulasi sehingga dapat diubah kembali menjadi sinyal elektronik yang dimengerti oleh komputer. Kerja modem adalah melakukan modulasi dan demodulasi secara bergantian.

15. Hyperlink
merupakan fasilitas yang berperan mereferensikan sebuah teks atau gambar ke alamat lain di belantara internet.
Link adalah sebuah teks, gambar atau tombol pada halaman web yang digunakan untuk mengakses halaman web atau file-file lain. Link di halaman web akan mempunyai tanda warna yang berbeda dan biasanya teks mempunyai garis bawah. Untuk mengetahui sebuah teks merupakan link, yaitu dengan cara mendekatkan pointer mouse pada teks tersebut.

16. Transmission Control Protocolnternet Protocol (TCP/IP)
merupakan kumpulan metode-metode untuk menghubungi server. TCP/IP merupakan bahasa standardisasi untuk internet

17. Internet Protocol (IP)
merupakan protokol yang digunakan dalam intemet, yang secara teknis bermakna suatu bentuk pengisian dan pengalamatan data-data dan informasi yang akan dikirim melalui internet.

18. Alamat IP (P Address)
alamat IP seperti alamat rumah, berfungsi sebagai identitlas komputer dalam jaringan TCP/IP. Bentuk dari alamat IP biasanya terdii atas 4 segmen dan tiap segmen ditulis menggunakan angka dari 0 (nol) sampai 255 (dua ratus lima puluh lima). Contoh alamat IP, yaitu 196.128.0.1

19. Server
Server atau komputer server adalah komputer yang sengaja difungsikan sebagai komputer induk yang memberi layanan kepada komputer lain (komputer client). Sebuah komputer server harus memiliki perangkat dengan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan komputer klien. Sebab komputer server dipergunakan untuk melayani sekian banyak klien.
Pada internet, komputer server berfungsi sebagai tempat penyimpan dokumen-dokumen web dari suatu websites.


20. Download
merupakan kegiatan mengambil data dari internet ke dalam komputer lokal.

21. Upload
merupakan kebalikan dari download, yaitu kegiatan penyalinan data dari komputer lokal ke internet.

22. E-mail/surat elektronik
merupakan sebuah surat yang dapat dikirim melalui intemet atau jaringan komputer lokal.

23. Bandwith
Bandwith adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mentransfer data dalam waktu tertentu. Satuan yang dipakai untuk ukuran
Bandwith adalah Mbps (Mega bits per second)

24  Search engine
Search engine adalah program tertentu yang terdapat pada website untuk melakukan pencarian intormasi yang ada di internet. Contohnya https://www.google.com

25. ISP
ISP adalah suatu perusahaan penyedia jasa lay anan koneksi ke internet.

26. Program Dial Up
Program dial up adalah program yang terdapat pada komputer yang berfungsi untuk mengontrol madem dan mengatur hubungan antara komputer elien dengan pemberi layanan internet.

27. Offline
Offline adalah kondisi dimana koneksi ke internet dalam keadaan terputus

28. Online
Online adalah kondisi dimana koneksi komputer ke internet dalam keadaan tersambung

29. Log in
Log in adalah proses pemasukan user id dan pasword.

30. POP(Post Office Protocol)
POP adalah protokol yang digunakan untuk mengambil email yang disimpan di server internet atau sebuah ISP

31. Freeware
Freware adalah program yang ditempatkan di internet dan boleh dipergunakan secara gratis.
Siapapun boleh mendownload program-program yang bersitat freeware

32. Shareware
Adalah program komputer di internet yang Iboleh di download dan digunakan dalam jangka waktu tertentu. Jika diingirnkan untuk digunakan terus maka harus dibeli dengan cara membayar biaya pendaftaran 

33. GIF (Graphical Interchange Format)
GIF adalah suatu format gambar yang memiliki ukuran file kecil sehingga banyak digunakan sebagai format gambar yang dipergunakan dalam internet.

34. JPEG (Joint Photographic Expert Group)
JPEG merupakan format file gambar yang banyak digunakan pada internet> file JPEG juga mempunyai ukuran lebih kecil namun dengan warna yang lebih banyak dibandingkan GIF.

35. SPAM
SPAM adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti email yang tidak penting, email berantai dan sebagainya.

36. FTP (File Transfer Protocol)
File Transfer Protocol adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau menyimpan file ke internet. Dengan File Transfer Protocol, transter data yang kita lakukan bisa menjadi lebih cepat. Transfer data ini sering disebut upload. 
Selain itu, FTP juga bisa dipergunakan untuk mengambil berbagai data/ file arsip tertentu dari suatu server dengan lebih cepat. Proses pengambilan data ini dinamakan download. Arsip yang di download dari suatu situs adalah merupakan arsip yang telah diizinkan oleh pemiliknya untuk dipergunakan. (Contohnya arsip hasil penelitian, artikel dan lain-lain.

37. Ethernet
Ethernet adalah perangkat keras pada komputer untuk menghubungkan suatu komputer pada komputer yang telah tersambung dengan internet. Jadi satu jaringan internet yang tersedia melalui satu jaringan kabel bisa dipergunakan oleh beberapa komputer menggunakan fasilitas ethernet ini. Ethernet juga bisa dipergunakan untuk saling menghubungkan komputer-komputer dalam satu ruangan agar bisa saling mengakses tanpa terhubung ke internet.
Agar setiap komputer dalam jaringan ethernet tersebut bisa saling berbagi akses interrnet cukup dengan melakukan internet connection sharing (ICS). Dengan menggunakan ethernet akan bisa mengurangi biaya pemakaian karena hanya dibutuhkan satu koneksi saja untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

38. Wi-Fi atau WLAN
Dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi, cara mengakses internet saat ini bisa jaga diiakukan tanpa menggunakan jaringan kabel telepon
Cara ini adalah dengan menggunakan Wi-Fi. Prinsip Wi-Fi adalah melakukan komunikasi data tanpa kabel (nirkabel) atau sering juga disebut wireless Commmuication
Untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet dengan menggunakan Wi-Fi kita harus mempergunakan alat yang dinamakan acces point (AP) atau sering juga disebut wireless access point (WAP)

39. Server Proxy
Fungsi Server Proxy adalah untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelan88an, sehingga pelanggan dapat mengakses alamat-alamat favoritnya dengan cepat.
Server Proxy bisa menghemat badwitch karena pelanggan tidak usah lagi terkoneksi langsung dengan website yang sering dikunjungi.

40. Memiliki Backbone

Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Kebanyakan ISP menyewa Backbone dari perusahaan lain dan mengunakannya secara bersama-sama dengan ISP lain. Hal ini karena membuat sebuah Backborne memerlukan teknologi tinggi dan dana yang sangat besar.

Muhammad Ilman

Haloo... Saya Suka dengan pemrograman web

Silahkan berkomentar disini dengan sopan !!!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post