Letak, luas, dan kondisi iklim di benua Asia

Pratama SEO : Letak, luas, dan kondisi iklim di benua Asia ...



Benua Asia merupakan benua terbesar dengan populasi bisa dibilang terpadat dimuka bumi yang mencakup 8,9%, lalu bagaimana kondisi iklim di benua tersebut.

Letak dan Luas Benua Asia 

Benua Asia merupakan benua terluas di dunia yang hampir meliputi sepertiga daratan yang ada di permukaan bumi. Benua asia memiliki luas wilayah kurang lebih 44.000.000 km persegi, benua ini memiliki letak astronomis 11° LS - 77° LU dan 26° BT - 169° BB. Secara geografis, Benua Asia memiliki batas-batas sebagai berikut :

- Sebelah barat dengan benua  Eropa yang dibatasi oleh pegunungna Ural, Laut kapsia, dan Laut Merah.
- Sebelah timur dengan Samudera Pasifik.
- Sebelah selatan dengan Samudera Hindia dan Benua Australia.
- Sebelah utara dengan Samudra Artik.

Baca Juga : Update blog sampai keakar - akarnya ....

5 Iklim di Benua Asia ...

Keadaan suatu daerah sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dan letak lintang di muka bumi. Oleh sebab itu, Benua Asia memiliki iklim yang beragam. Iklim yang ada di benua Asia adalah sebagai berikut :
  1. Iklim dingin, terdapat di wilayah Asia bagian utara terutama di Daratan Siberia yang memiliki benua Iklim, kutub ( iklim subarktik ). wilayah dengan iklim tersebut memiliki musim pana s yang sangan singkat.
  2. Iklim benua, terdapat di wilayah Asia Tengah dan China yang kering.
  3. Iklim Sub Tropis Basah, Mendominasi wilayah china timur pada garisn lintang 25 LU- 35 LU. Wilayah yang memiliki iklim ini banyak mengalami turun hujan karena pengaruh angin muson tenggara dan Samudera Pasifik.
  4. Iklim Tropis Basah, terdapat sebagian besar di Asia Tenggara dan Asia Selatan Wilayah ini memiliki curah hujan tinggi yaitu 1.000 - 2.000 mm/tahun. Iklim Tropis sangat dipengaruhi oleh angin muson tenggara dan Samudera Pasifik.
  5. Iklim Gurun, sifatnya kering sehingga  curah hujan yang ada sangat rendah mencapai 250 - 220 mm/tahun. Iklim Gurun dapat terjadi karena pengaruh angin yang berasal dari daerah gurun yang kering. Iklim ini banyak terdapat terutama di daerah Asia Barat dan Jazirah Arab di Asia Tengah sekitar Gurun gobi.
Demikian Letak, luas, dan kondisi iklim di benua Asia ....
Semoga bermanfaat.
Muhammad Ilman

Haloo... Saya Suka dengan pemrograman web

Silahkan berkomentar disini dengan sopan !!!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post