9 Faktor pendorong penjelajahan samudera bangsa barat ke Indonesia ...

Pratama SEO : 9 Faktor pendorong penjelajahan samudera bangsa barat ke Indonesia ...



Para pedagang dari Eropa membawa barang dagangan berupa rempah - rempah dan sutera dari laut tengah. Komoditas tersebut dibawa dari Vanesia atau Genoa melalui pedagang Portugis dan Spanyol yang aktip berdagang di Laut Tengah Rempah - rempah dan sutera itu kemudian dibawa ke pasaran Eropa Barat, seperti Lisabon. Dari Lisabon rempah - rempah dibawa ke Eropa Utara oleh parapedagang inggris dan Belanda.

Ramainnya perdagangan di laut Tengah, terganggu selama dan setelah Perang Salib pata tahun 1096 - 1291. Dengan jatuhnya kota Konstantinopel atau yang lebih dikenal dengan kota Byzantium pada tahun 1453 ke tangan TUrki Utsmani. Akibatnya perdaganangan yang dilakukan oleh orang/pedagang ERopa dan Asia terputus.

Sultan Mahmud II, sebagai penguasa Turki yang menjalankan politik unrtuk mempersulit perdagangan Eropa beroperasi di daerah kekusaannya, bangsa barat menghadapi kendala krisis perdagangan rempah - rempah. Oleh karena itu Bangsa Barat berusaha keras mencari sumber utama rempah - rempah dan disepakati untuk melakukan penjelajahan samudera.

Faktor - faktor pendorong penjelajahan Samudera ...

  1. Semangat reconguesta, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuasaan islam di mana pun yang dijumpai sebagai tidakan balas dendam dari pada Perang Salib
  2. Semangat Gospel, yaitu semangant untuk menyebarluaskan Agama Nasrani.
  3. Semangat Glory, yaitu semangat memperoleh kejayaan atau daerah jajahan.
  4. Semangan Gold, yaitu untuk memperleh kekayaan sebanyak-banyaknya (emas)
  5. Perkembangan teknologi kemaritiman yang mumpuni pada masanya, yang sangant memungkinkan untuk melakukan penjelajahan samudera lebih luas, termasuk menyebrangi Samudera Atlantuik.
  6. Adanya Temuan kompas, teropong, mesiu, dan peta yang menunjang sarana dan prasarana untuk melakukan penjelajahan samudera, alat tersebut dapat menunjukan atau menggaambarkan secara lengkap dan akurat.
  7. Adanya buku yang berjudul Imago Mundi yang menceritakan perjalanan seorang Marco Polo pada tahun 1271 - 1292.
  8. Penemuan Copernicus yang didukung oleh Galilaeo yang menyatakan bahwa bumi berbentuk bulat seperti bola dan matahari merupakan pusat dari seluruh benda benda di seluruh jagat raya tau sering dikenal dengan sebutabn Teori Heliosentris
  9. Perjalanan Ordoric da Pardenone menuju Campa yang sempat singgah di Jawa pada abad ke - 14 ia melaporkan sekilas tentang keberadaan kerajaan Majapahit.
Dengan sembilan faktor pendorong diatas membuat Bangsa Eropa sampai menemukan pusat rempah - rempah terbaik yaitu negara kita tercinta Indonesia.
Muhammad Ilman

Haloo... Saya Suka dengan pemrograman web

Silahkan berkomentar disini dengan sopan !!!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post